Kamis, 15 November 2012

Kilas balik :Piala AFF 1996

Pada tahun 1996,untuk pertama kalinya di gelar piala AFF,turnamen antar negara di Asia Tenggara.setelah sebelumnya Indonesia,Malaysia,Thailand,Singapura,Filiphina,dan Brunei,memiliki ide membuat turnamen untuk meningkatkan kualitas sepakbola Negara Asia Tenggara yang masih di anggap tertinggal jauh dibandingkan negara Asia lainya.
Dan akhirnya AFF menyetujui turnamen yang digagas 6 negara tersebut dan diselenggarakan setiap dua tahun sekali.pada 1-16 September 1996 Singapura ditunjuk sebagai tuan rumah Piala AFF,tapi waktu itu namanya masih Piala Tiger karena turnamen tersebut di sponsori Perusahaan Bir,Tiger.dan di ikuti 10 negara,6 negara pendiri dan 4 tim undangan.negara Vietnam,Kamboja,Laos,dan Myanmar yang beruntung dapat mengikuti turnamen ini.
Pada Turnamen perdana ini Thailand menjadi juaranya setelah mengalahkan Malaysia di partai puncak dengan skor 1-0 lewat gol dari Kiatisuk Senamuang di menit ke 9.sedangkan Indonesia gagal ke final setelah kandas di Semifinal dikalahkan Malaysia dengan skor 1-3padahal sebelumya Indonesia di gadang-gadang bakal melaju ke final bertemu Thailand.karena di fase penyisihan Indonesia bermain sangat menyakinkan dengan meraih tiga kemenagan dan sekali imbang.
skor yang dihasilkan pun cukup fantastis,menang 5-1 atas Laos,3-0 atas Kamboja,skor 6-1 dengan Myanmar dan 1-1 lawam vietnam.di perebutan tempat ketiga Indonesia di kandaskan Vietnam dengan skor2-3.
setelah perhelatan ini Brunei mengundurkan diri menjadi peserta turnamen AFF Cup,dikarenakan turnamen tersebut di sponsori minuman Beralkohol dan selama turnamen tersebut masih di sponsori Tiger,brunei tidak akan mengikuti turnamen dwi tahunan tersebut.
Dan turnamen ini menjadi turnamen terakhir yang di ikuti penyerang legendaris Singapura Fandi Ahmad.di turnamen ini Fandi Ahmad mencetak 4 gol.

Juara : Thailand
Runner Up : Malaysia
ke 3 :Vietnam
Pemain terbaik :Zainal Abidin Hasan (Malaysia)
Top skor :Netipong Sritong-in (Thailand)

Tidak ada komentar: