Kamis, 17 Januari 2013

Stadion Sriwedari

Stadion Sriwedari adalah salah satu stadion legendaris di Indonesia.terletak di Surakarta,stadion ini dulunya adalah stadion pertama yang di buat oleh warga pribumi [asli Indonesia] di masa penjajahan Belanda.
Pada saat itu warga di pribumi hanya diperbolehkan oleh Pemerintahan Belanda bermain sepakbola di Alun-alun saja,karena merasa mendapat perlakuan tidak adil maka R.M.T Wongsanegoro mengusulkan kepada Sri Susuhan Paku Buwono X untuk membuat Stadion Sepakbola untuk rakyat Pribumi.
Maka pada tahun 1932,Sri Susuhan Paku Buwono X memberikan lahan untuk dibuat lapangan sepakbola.Hanya dengan waktu 8 bulan dan menghabiskan biaya 30.000 Gulden stadion selesai dibangun.dilengkapi trek lari mengelilingi lapangan dan lampu sorot di setiap sudut stadion.

.Pada tanggal 9-12 September 1948,Stadion Sriwedari di adakan event akbar olahraga nasional untuk pertama kalinya dan event tersebut diberi nama Pekan Olahraga Nasional [PON].dan hingga kini setiap tanggal 9 September di jadikan sebagai hari Olahraga Nasional dan di Stadion Sriwedari  dibuatkan monumen PON pertama.

Pada Tahun 2001 Stadion Sriwedari berganti nama menjadi Stadion R. Maladi setelah sebelumnya Stadion Manahan yang akan diganti namanya,tapi di tolak PemKot.pengubahan nama tersebut atas usul walikota saat itu Slamet Suryanto,untuk menghormati jasa-jasa beliau dipersepakbolaan Surakarta.beliau pernah menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia pernah pula menjadi Ketua Umum PSSI.Pada Tahun 2011 Stadion R. Maladi di ubah kembali namanya menjadi Stadion Sriwedari.kini stadion yang berkapasitas12.750 penonton ini selain digunakan untuk kepentingan Olaharaga juga di gunakan untuk acara-acara di luar Olahraga.

Tidak ada komentar: